Islam mengajarkan untuk bersabar

Banyak orang yang berpendapat bahwa kesabaran itu ada batasnya. Sudah mencoba bicara baik-baik berkali-kali, disindir, diajak bicara langsung secara telak, tetap saja yang diajak bicara tidak mengerti. Karena sudah sangat kesal, akhirnya kesabaran itu dianggap sudah habis lalu ditonjoklah orang itu.

Sebetulnya Islam mengajarkan kesabaran itu tanpa batas. Selain itu Islam juga mengajarkan agar lembut dalam menyampaikan pesan dan diutamakan bermusyawarah. Bagi yang masih dalam kesulitan supaya bersabar. Sabar sendiri bukan berarti pesimis, tapi tetap optimis dengan berikhtiar dan berdoa. Allah sudah menyatakan dalam firman-Nya bahwa Allah akan mendampingi orang dalam kesulitan yang menjadikan shalat dan sabar sebagai penolong.

Sabar berasal dari bahasa Arab shabr (صْبِرْ ‎). Arti dari sabar adalah “menahan”, jadi kesabaran bisa diartikan menuntut ketabahan dalam keadaan sulit, berat, pahit yang harus diterima dengan tanggungjawab untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.

Bila sedang dalam kondisi kesulitan, maka selalulah berusaha menahan diri untuk tetap tenang, melakukan ikhtiar, banyak berdoa memohon pada Allah maka Allah akan menambah kemampuan lebih untuk bersabar. Islam mengajarkan untuk berkumpul dengan orang-orang saleh agar bisa saling mengingatkan tentang kesabaran. Kesulitan sendiri adalah bentuk ujian dari Allah untuk menentukan siapa yang bisa sabar dalam menghadapi cobaan hidup, beratnya ujian juga tergantung dari kekuatan iman seseorang. Orang yang sabar pada akhirnya akan ditunjukkan jalan keluar yang baik oleh Allah dan akan mendapat banyak pahala.

Semoga kita termasuk orang beriman yang sabar dan mendirikan shalat bila sedang dalam kesulitan, sehingga akan ada jalan keluar yang baik yang ditunjukkan oleh Allah…

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
Jika kami memiliki kebaikan, maka kami tidak akan menyimpannya dari kalian semua, namun barangsiapa merasa cukup maka Allah akan mencukupkan baginya, barangsiapa berusaha sabar maka Allah akan menjadikannya sabar dan barangsiapa merasa (berusaha) kaya maka Allah akan mengayakannya. Dan sungguh, tidaklah kalian diberi sesuatu yang lebik baik dan lebih lapang dari kesabaran. (HR. Bukhari)

Allah berfirman
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali Imran : 159)

Allah berfirman
Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.(QS. Muhammad : 31)

Allah berfirman
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. (QS. Al Baqarah : 286)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
Ujian yang paling berat adalah bagi para nabi, kemudian berikutnya dan berikutnya, seseorang diuji (oleh Allah) sesuai kadar agamanya. Maka tidaklah musibah menimpa seseorang sehingga ia berjalan di atas bumi dan tidak ada dosa padanya. (HR Bukhari)

Allah berfirman
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah : 153)

Allah berfirman
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Ashr : 3)

Allah berfirman
Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS. An Nahl : 96)

Comments are closed.

%d bloggers like this: