Yang berhak masuk ke surga

Yang berhak masuk surga menurut Al Qur’an

Orang yang beriman dan beramal shalih (QS. 2: 25)
Wali-wali Allah, orang-orang yang beriman dan bertakwa (QS.Yunus: 62-64)
Orang yang istiqamah dalam menghamba (QS. Fushilat: 30)
Pengikut kebaikan (QS. Az-Zumar: 17-18)
Orang yang beriman, berhijrah dan berjihad (QS. At-Taubah: 20-21)
Orang yang mengindahkan peringatan Allah (QS. Yasin: 11)
Mumin (QS. Al-Ahzab: 45-47)
Syuhada (Ali Imran: 169)
Orang yang berjual beli dengan Allah (QS. At-Taubah: 111)
Orang yang sabar (QS. Al-Baqarah: 155-157)
Orang yang khusyu dalam shalat, menjauhi hal yang sia-sia, muzaki, menjaga farji, amanah (QS. Al-Muminun: 1-11)
Muslim-muslimah yang taat, jujur, sabar, khusyu, bershadaqah, berpuasa, menjaga farj, rajin berdzikir (QS. Al-Ahzab: 35)
Orang yang bertaubat, memuji Allah, melawat, sujud, amar maruf nahi munkar, memelihara hokum-hukum Allah (QS. At-Taubah: 112)
Orang yang berinfaq saat lapang/sempit, menahan amarah, pemaaf, istighfar (QS. Ali Imran: 133-136).
Beriman dan berjihad (QS. Ash-Shaf: 10-13)
Orang yang takut kepada Allah (QS. Ar-Rahman: 46)
Orang yang menahan hawa nafsu (QS. An-Naziat: 40-41)

Allah berfirman:
Dan Kami cabut segala macam dendam yang berada di dalam dada mereka; mengalir di bawah mereka sungai-sungai dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk. Sesungguhnya telah datang rasul-rasul Tuhan kami, membawa kebenaran.” Dan diserukan kepada mereka: “ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan. (QS. Al-A’raf : 43)

Allah berfirman:
Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Sesungguhnya aku dahulu (di dunia) mempunyai seorang teman, yang berkata: “Apakah kamu sungguh-sungguh termasuk orang-orang yang membenarkan (hari berbangkit)? Apakah bila kita telah mati dan kita telah menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kita benar-benar (akan dibangkitkan) untuk diberi pembalasan?” Berkata pulalah ia: “Maukah kamu meninjau (temanku itu)?” Maka ia meninjaunya, lalu dia melihat temannya itu di tengah-tengah neraka menyala-nyala. jikalau tidaklah karena ni’mat Tuhanku pastilah aku termasuk orang-orang yang diseret (ke neraka). QS. Ash-Shaaffat : 51 -57)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda
Sesungguhnya bagi setiap mukmin di surga disiapkan kemah dari suatu mutiara lu’lu yang berongga. Tingginya 60 mil. Di dalamnya terdapat keluarganya dan orang beriman berjalan mengelilingi mereka. Sebagian mereka tidak bisa melihat sebagian yang lain (HR Bukhari dan Muslim)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
Buah buahan disurga seperti anggur, ia lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, lebih halus dari tepung dan didalamnya tidak ada biji. Adapun tanaman disurga, setelah benihnya disebar, maka tumbuh dalam sekejap dan siap panen panen saat itu juga(HR.Bukhari)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
penghuni surga akan makan dan minum enak-enak, mereka tidak mengeluarkan ingus dari hidungnya, tidak buang air besar dan buang air kecil. Makanan mereka berubah menjadi sendawa yang beraroma kasturi (HR.Muslim)

dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha

Saya bertanya, “Wahai Rasulullah, manakah yang lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari yang bermata jeli?”

Beliau menjawab, “Wanita-wanita dunia lebih utama daripada bidadari-bidadari yang bermata jeli, seperti kelebihan apa yang tampak daripada apa yang tidak tampak.”

Saya bertanya, “Karena apa wanita dunia lebih utama daripada mereka?”

Beliau menjawab, “Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutera, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, ‘Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridha dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya. (HR. Ath-Thabrany)

Comments are closed.

%d bloggers like this: