Islam KTP (orang Islam tapi tidak beriman)

Islam KTP adalah orang yang mengaku Islam tapi hanya di KTP saja. Kenyataannya mereka tidak menjalankan Islam dengan benar. Ada orang mengaku Islam tapi tidak mau belajar ataupun memperbaiki ibadah yang dilakukannya, misalnya shalat hanya untuk menggugurkan kewajiban, tidak berusaha dihayati. Biasanya orang seperti ini bila diajak untuk bicara tentang Islam akan merasa tidak nyaman, karena mata hatinya telah tertutup.

Menjelaskan dengan teman tentang arti keimanan kadang sulit bila dengan orang yang tidak mau belajar pemahaman. Misalnya aku bilang “aku memang kehilangan harta benda, tapi Insya Allah masih punya iman”. Dijawab oleh temenku “bukannya iman itu artinya percaya, iman saja belum cukup”. Iman itu artinya memang percaya, tapi menurut Alqur’an dinyatakan bahwa manusia yang beriman dengan sebenar-benarnya iman maka hatinya bergetar bila dibacakan ayat-ayat Al Qur’an, mendirikan shalat dan membagikan sebagian rejekinya pada kaum miskin.

Orang beriman yang benar juga tidak akan mencampuradukkan iman mereka dengan syirik (menyekutukan Allah) dengan minta bantuan selain Allah (misalnya jin jahat/setan) baik untuk kecantikan, kekayaan, kekebalan, atau hal yang lain.

Orang beriman akan masuk ke Islam secara menyeluruh, tidak sepotong-potong.

Tentu saja tidak semudah itu kita mengatakan pada orang Islam yang kita tau persis tidak menjalankan Islam secara benar bahwa dia Islam KTP atau Islam by ID, biar Allah yang menilai. Kita hanya bisa mengingatkan supaya memperbaiki diri dan menjalankan Islam sesuai Al Qur’an dan As-Sunnah, selanjutnya diserahkan pada Allah. Semoga kita termasuk golongan orang Islam yang beriman, karena hanya orang Islam yang beriman saja yang dimasukkan Allah ke surga…

Allah berfirman:
Dan mereka berkata: “Hati kami tertutup”. Tetapi sebenarnya Allah telah mengutuk mereka karena keingkaran mereka; maka sedikit sekali mereka yang beriman. (QS. Al Baqarah : 88)

Allah berfirman:
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (QS. Asy Syuura : 52)

Allah berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia. (QS. al-Anfaal : 2-4)

Allah berfirman:
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.  (QS. Al A’am : 82)

Allah berfirman:
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS. Al Baqarah : 208)

Allah berfirman:
Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah? (QS. An Nisaa : 122)

Comments are closed.

%d bloggers like this: